Budget Terbatas tapi Ingin Jadi YouTuber Gamer?! Tentunya BISA donk! Ini Tips dan Triknya!

YouTube Gaming adalah cabang dari YouTube yang menampilkan konten video game langsung dan sesuai permintaan. YouTube Gaming terlihat sangat berbeda dari YouTube lama biasa, dengan antarmuka serba hitam yang menempatkan aliran video populer terkait game di depan dan di tengah. Platform baru ini mengkurasi video game YouTube yang sudah ada, memungkinkan lo menemukan highlight reels Call of Duty favorit lo dengan lebih mudah tanpa sengaja menemukan video Beyoncé. Seperti halnya YouTube standar, lo dapat mengikuti saluran untuk tetap mengikuti konten mereka; tidak seperti YouTube standar, lo juga dapat mengikuti game tertentu untuk memastikan lo tidak akan pernah melewatkan pertandingan League of Legends terbaru atau comeback Street Fighter yang gila.


  • Bagaimana cara streaming ke YouTube Gaming dan apa yang membedakannya dengan Twitch?
Jika lo menggunakan PC, lo dapat melakukan streaming ke YouTube Gaming menggunakan aplikasi penyiaran seperti Open Broadcaster Software atau XSplit. Untungnya, jika lo tidak terlalu paham teknologi (atau hanya menyukai game seluler), Google baru-baru ini meluncurkan kemampuan untuk melakukan streaming langsung ke YouTube Gaming dari perangkat Android lo. Setelah lo membuka aplikasi YouTube Gaming di Android dan mengetuk Tayangkan Langsung, lo akan dapat menyiarkan game Android apa pun yang lo suka, lengkap dengan umpan webcam yang diambil dari kamera selfie ponsel atau tablet Anda.

Lo juga dapat melakukan streaming langsung ke YouTube Gaming dari PlayStation 4 lo, selama lo memiliki pembaruan sistem 3.0 terbaru. Pada tulisan ini, masih belum ada cara untuk melakukan streaming langsung ke layanan dari Xbox One, yang berarti lo harus bergantung pada PC dan capture card untuk saat ini.

Sangat mudah untuk menyebut YouTube Gaming sebagai tiruan Twitch yang bagus pada kesan pertama, tetapi platformnya memiliki beberapa perbedaan utama. Pertama, YouTube Gaming tampaknya memberikan penekanan yang sama pada konten langsung dan sesuai permintaan, yang tidak mengejutkan mengingat keahlian YouTube dengan yang fitur last seennya. Twitch adalah raja streaming langsung saat ini, tetapi penawaran sesuai permintaannya terbatas dan sulit ditemukan jika dibandingkan dengan YouTube Gaming

YouTube Gaming juga memiliki potensi untuk meningkatkan Twitch di departemen langsung. Video YouTube langsung sudah menawarkan kemampuan untuk memundurkan selama siaran langsung (sesuatu yang masih kurang dari Twitch), sebuah fitur yang mungkin penting bagi mereka yang terlambat menonton turnamen besar. YouTube Gaming juga menjanjikan sistem obrolan yang ditingkatkan bagi mereka yang menonton streaming langsung, meskipun kita harus melihat bagaimana perbandingannya dengan banyak emoticon universal dan khusus saluran Twitch.

Namun, YouTube Gaming memang memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk menjadi channel khusus dan pilihan utama bagi para gamer. YouTube terkenal karena memberikan peringatan kepada creator dengan peringatan klaim hak cipta yang terkadang tidak beralasan, bahkan ketika pengembang game itu sendiri tidak memiliki masalah dengan konten mereka yang digunakan dalam klip.

Selain itu YouTube Gaming juga tidak bisa mengabaikan basis pengguna Twitch yang besar, yang, sepanjang tahun 2015, telah menonton lebih dari 241 miliar menit video di layanan video. Banyak streamer Twitch populer memiliki kemampuan untuk menawarkan biaya berlangganan bulanan kepada penggemar dan sebagai imbalannya steramer akan memberikan hadiah khusus kepada penggemar yang berlangganan kepadanya; sebuah fitur yang mulai diluncurkan YouTube Gaming, tapi baru untuk beberapa streamer, itupun dalam versi beta.

Lalu dengan perangkat yang dibutuhkan untuk streaming di YouTube Gaming termasuk kompleks, apa tidak ada cara agar dengan budget yang minimal, kita bisa menjadi streaming dan menjadi YouTuber gaming?!

Tentunya ada cara yang bisa dilakukan ketika seseorang ingin memulai karir menjadi content creator dan streamer di YouTube dengan kategori gaming! Berikut tipsnya menurut gw.

  • Punya smartphone yang cukup powerfull untuk bermain games serta streaming!
Dengan perkembangan internet, social media, serta konten digital yang sangat super cepat selama beberapa tahun belakangan, membuat pabrikan smartphone ikut berlomba-lomba menghadirkan produk dengan teknologi terbaru serta mumpuni bukan hanya untuk mengakses media digital di internet, tapi juga untuk membuat konten digital.

Menurut pengalaman gw selama beberapa tahun belakangan menekuni dunia gadget terutama smartphone. Setidaknya saat ini lo tidak perlu beli smartphone dengan harga belasan dan puluhan juta untuk membuat konten digital berkualitas baik. Bahkan ada beberapa smartphone dengan harga tidak sampai 5 juta Rupiah, sudah bisa membuat konten dengan sangat bagus. Tentunya untuk kebutuhan gaming dan streaming bersamaan, setidaknya harus punya smartphone dengan kemampuan hardware yang mumpuni untuk menjalankan proses gaming bersamaan dengan streaming ke YouTube dan dua tugas tersebut termasuk berat bahkan untuk smartphone kelas menengah.

Jika lo memang serius untuk menekuni karir di dunia streaming dan gaming tapi budget terbatas, saran gw coba di maksimalin ke untuk membeli smartphone gaming yang harganya masih termasuk rasional untuk kemampuannya, ketimbang memaksa untuk membeli sebuah PC atau laptop gaming, yang meskipun bisa memberikan efektifitas dan produktifitas yang jauh lebih tinggi dari sebuah smartphone, tapi budget yang harus dikeluarkan juga bisa belasan atau bahkan puluhan juta! Dan ada alasan khusus kenapa gw saranin lo untuk memulai streaming menggunakan game-game di smartphone yang akan gw bahas di bawah nanti!

Salah satu smartphone yang bisa gw rekomendasi dengan harga yang masih rasional, setidaknya menurut gw ya, yaitu ASUS ROG Phone 5S! Yes pastiin beli yang 5S jangan yang 5 biasa, serta cari tahun produksi yang paling baru! Gw sendiri sebagai pengguna ROG Phone 2 dari sekitar 3 tahunan lalu dan masih senang dengan performa serta kualitasnya, tentunya harus dengan perawatan dan penggunaan yang bertanggung jawab ya.

ROG Phone 5S sendiri menurut gw punya hardware yang cukup powerfull untuk menjalankan konten-konten gaming saat ini, serta dalam paket software bawaannya, ada fitur streaming yang bisa diaktifkan dengan mudah, hanya tinggal menyambungkannya dengan account social media yang kita mau, seperti YouTube atau Facebook, dan kita bisa live streaming dengan mudah sambil bermain games!

Selain itu, jika lo bermain menggunakan ROG Phone 5S, lo sedikit banyak bisa menggunakan nama besar ROG untuk "menaikkan" gengsi dan pride lo saat proses branding!
  • Koneksi internet yang cukup dan stabil!
Koneksi internet yang cukup kapasitas kecepatannya serta stabil menjadi salah satu hal terpenting untuk memulai karir di dunia streamer! Tentunya hal ini bukan menjadi masalah yang berarti di kota-kota besar di Indonesia, karena biasanya sudah banyak provider yang menyediakan layanan internet mereka dengan kapasitas yang bisa dipilih oleh konsumen sesuai budget dan kebutuhan.

Hal tersebut akan beda ceritanya untuk teman-teman yang tidak tinggal di kota besar di Indoneisa. Sayangnya, banyak warga di Indonesia, karena faktor geografis yang extreme, penyebaran internet di Indonesia tidak bisa merata, bahkan hingga saat ini! Sebagian besar bahkan memiliki pilihan yang terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali dan terpaksa harus menggunakan internet menggunakan provider telephone selular mereka, akibat tidak meratanya penyebaran internet.

Tapi saat ini, dengan dicanangkannya era ekonomi 4.0, pemerintah dengan giat melakukan proses pemerataan penyebaran internet di Indonesia, terlebih setelah pandemi CoVid yang berlangsung 2 tahun dan masih belum tuntas hingga sekarang serta mengharuskan banyak orang untuk bekerja di rumah atau yang lebih dikenal dengan WFH dan anak sekolah pun harus dipaksa untuk belajar online di rumah mereka, otomatis kebutuhan internet meningkat secara drastis.

Pemerintah bekerjasama dengan BUMN bidang telekomunikasi yaitu Telkom Indonesia untuk terus giat meningkatkan pemerataan internet di seluruh Indonesia. Telkom Indonesia sendiri di banyak kota besar serta daerah yang sudah memiliki jaringannya, memiliki layanan jaringan internet bernama IndiHome! Dan hingga saat ini, IndiHome merupakan salah satu provider yang penyebaran jaringan internetnya terbesar serta terluas di Indonesia sehingga banyak orang menjuluki IndiHome sebagai internetnya Indonesia.


IndiHome bisa lo jadikan pilihan dan gunakan untuk memulai karir jadi streamer gaming di YouTube. Bahkan dengan mereka melihat sendiri betapa pesatnya kemajuan industri game dan Esport di Indoneia, pada akhirnya mereka meningkatkan manfaat internet mereka untuk para gamer dan streamer di seluruh Indonesia agar bisa mendapatkan akses internet yang cepat serta stabil untuk kebutuhan gaming, streaming serta membuat konten. IndiHome for Gamers sendiri punya beberapa paket serta manfaat tambahan yang bisa lo sesuaikan dengan budget serta kebutuhan diantaranya :



Dengan adanya paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget serta tambahan manfaat extra untuk lo yang berlangganan, membuat IndiHome Gamers bisa lo andalkan untuk memulai karir menjadi seorang gamer YouTubers dimana aj dan kapan saja, seluruh Indonesia.
  • Pilih mobile gaming / game di smartphone sebagai entry point!
Hal penting sekali ketika lo mengawali karir sebagai YouTuber game dengan budget yang terbatas adalah memilih platform mobile gaming sebagai sumber konten pertama lo! Karena selain lebih hemat budget perangkat untuk membuat konten, saat ini smartphone entry level sekali pun sudah bisa menjalankan game-game favorite seperti Mobile Legend, Free Fire, League of Legend, PUBG Mobile, COD, dll.


Dengan semakin terjangkaunya smartphone dengan performa yang meningkat cukup drastis, membuat semakin banyak orang bisa mengakses games di smartphone. Dan semakin banyak orang yang bisa mengakses game-game di smartphone, membuat semakin banyak juga dibutuhkan banyak konten kreator untuk memberikan mereka guide serta hiburan saat mereka sedang bosan memainkan game favorite mereka! Jadi lo semakin mudah menjangkau dan mendapatkan audience untuk menaikkan konten serta karir lo. Ya asal lo juga harus tahan aja sma komen-komen netizen yang maha benar itu! Hehehehehe ...
  • Rajin membuat konten, share konten, naikkan engagement serta buat fan base!
Kalau lo memang jago, lo harus tunjukin skill lo kepada dunia, jangan cuma di simpan sendiri! Bikin konten bermain sebanyak mungkin saat lo bertanding dan mengalahkan musuh dengan trik yang unik serta buat orang lain tertarik untuk mempelajari trik khusus yung lo ciptain sendiri! Lo juga bisa bikin video tips dan trik dalam memainkan hero tertentu, kombinasi item yang pas sampai walkthrough game adventure yang sedang lo mainkan untuk membantu orang lai yang sedang stuck di level tertentu. Dengan semakin banyak konten yang lo bikin, skill lo akan semakin diasah bukan hanya saat bermain games tapi juga membuat konten dan editing video di smartphone dengan baik.


Setelah konten jadi jangan lupa untuk di share ke semua platform social media yang lo buat khusus untuk profesi baru ini! Update konten sesering mungkin dan sebanyak mungkin serta jangan lupa share di cross platform social media untuk mengundang banyak audience.


Setelah itu jangan lupa selalu balas komentar mereka untuk membuat komunikasi 2 arah antara kreator dan viewers, jadi semakin banyak orang yang nonton konten dan berkomentar di sosmed lo merasa dihargai keberadaannya, cepat atau lambat akan tercipta fan base atau orang-orang yang akan support lo dalam keadaan susah dan senang saat membuat konten.


Dan yang terpenting jangan lupa untuk selalu stay humble setiap saat kepada semua netizen apa pun komentar dari mereka! Karena pada akhirnya, konten kreator yang punya fans base yang sangat besar lahir dari orang yang humble, unik dan ga banyak bikin kasus!

-----

Jadi setelah membaca insight dari gw diatas, apa lo sudah siap untuk menambah jalur karir baru menjadi seorang YouTuber gaming?! Kalau sudah, gw harap lo bisa sukses dan punya fans base yang besar dan selalu menjadi pribadi yang unik, humble, ga star syndrom dan ga banyak bikin kasus!
Share:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Copyright © KATA IRFAN. Designed by OddThemes