NAS barang yang WAJIB punya di Era Digital!

Wow, ud lama banget ya gw ga nulis di blog pribadi gw. Dengan segala kesibukan yang ada ditambah kemageran yang ada dan beberapa hal yang tidak bisa gw sebutin satu2 di blog pribadi gw, akhirnya gw jadi jarang nulis dan update di blog pribadi gw.

Tapi tenang aja, gw akan berusaha untuk lebih sering nulis dan update kedepannya.

Kali ini gw mau bahas sedikit tentang Network Attached Storage atau yang lebih sering dikenal dengan NAS. Dan gw juga mau bahas kenapa saat ini NAS menjadi satu device yang bukan cuma PENTING, tapi juga bisa memberikan keamanan lebih untuk data penting yang lo punya.

Oke sekarang kita bahas dulu apa itu NAS.

“NAS adalah sebuah system penyimpanan file cerdas yang bisa dihubungkan dengan jaringan internet di rumah atau kantor dan memungkinkan kita untuk mengakses file penting kita dimana dan kapan saja menggunakan web browser atau aplikasi khusus serta dari perangkat laptop, pc ataupun smartphone.”


Lalu apa bedanya NAS dari Google Drive dan penyimpanan digital umum lainnya yang menggunakan system cloud?!

“NAS tidak membutuhkan biaya berlangganan bulanan atau tahunan. Lo cuma butuh membeli produk dan software yang sudah include di harga pembelian sekali saja.

Serta dengan menggunakan NAS, data pribadi penting dan sensitif beneran dikendalikan secara langsung oleh ownernya sendiri tanpa menggunakan jasa orang lain yang terkadang system keamanannya kita tidak tahu.

Selain itu kita juga bisa mengatur sendiri kapan dan mana saja data yang kita mau share ke keluarga atau kolega kita.”


Apa perbedaan NAS dengan mobile storage lainnya seperti USB flash drive, memory card atau hard disk external?!

“Penyimpanan external lain seperti mobile hard disk, USB flash drive dan memory card, butuh terhubung dengan PC atau laptop yang terkoneksi dengan internet 24 jam jika kita ingin mengakses datanya. Serta kita tidak bisa secara otomatis menyimpan data yang kita butuhkan secara langsung seperti di penyimpanan cloud.

Selain itu jika kita membawa perangkat penyimpanan external, kita memiliki keterbatasan kapasitas jika menggunakan USB flash drive dan memory card, serta kita juga memiliki resiko kerusakan perangkat dan kehilangan data jika menggunakan mobile harddisk dan membawanya tidak secara hati-hati.

NAS bisa diprogram untuk membackup data kita secara berkala dengan mudah, serta memiliki lebih aman dari resiko kehilangan data akibat hardware yang rusak karena menggunakan teknologi RAID khusus untuk perangkat NAS yang menggunakan lebih dari 1 hard drive internal.

Kita juga bisa memilih tingkat durabilitas atau daya tahan harddisk penyimpan yang ada di dalam NAS. Entah itu menggunakan harddisk PC biasa untuk yang mau budget friendly atau menggunakan harddisk khusus NAS dengan durabilitas yang jauh lebih baik dari pada harddisk PC biasa.”

Sejujurnya NAS adalah barang yang awalnya gw pikir engga butuh-butuh banget, tapi ternyata ada 1 kejadian yang membuat gw beneran “melek” kalau ternyata gw butuh sebuah device yang bisa memproteksi kita dari kehilangan data penting akibat dari kegagalan / kerusakan harddrive.

Kejadian apa?!

Gw kehilangan data penting sebesar hampir 2TB yang ada di HDD external gw WD Element Desktop yang menggunakan HDD PC berukuran 3,5inch! Yes lo ga salah lihat, nominalnya beneran gede banget hampir 2TB!

Dari semua data yang hilang di HDD external gw itu, yang bener-bener paling gw sayangin adalah di foto-foto dari berbagai acara, dari mulai acara ulang tahun ade gw yang kecil, foto dan video dari perjalanan gw sma keluarga keliling pulau Jawa, bahkan ada foto prosesi ibadah tutup peti almarhum tante dan om gw. Kurang lebih ada sekitar 50GB sampai 100GB file foto dan video yang sayanya ud ga bisa kembali.

Yang bikin aneh, itu HDD engga rusak! Memang jujur jarang dinyalakan karena nyala kalau kebutuhan transfer data aja. Tapi ketika waktu itu gw nyalain, karena butuh untuk copy file film dari HDD itu, tapi tiba-tiba kosong aja ga ada datanya!

Itu kacau banget sih.

Dan semenjak saat itu jujur gw berfikir butuh banget yang namanya NAS dan bisa menggunakan RAID 10 untuk kecepatan drive dan proteksi dari musibah drive failure.

Menurut gw, saat ini sebuah perangkat NAS yang reliable merupakan gadget yang harus dimiliki oleh lo yang butuh penyimpanan data extra dalam jumlah besar dan butuh akses data instan dimana saja dan kapan saja tanpa bergantung dengan penyedia jasa system cloud dan juga untuk lo yang menggunakan perangkat CCTV IOT di rumah. Selain itu perangkat NAS yang bisa mempunyai fitur minimal RAID 1 akan menjamin kemanan data penting kita, ketika terjadi kerusakan pada salah satu HDD.

Gw sendiri sudah beberapa waktu ini pengen banget pakai NAS karena jujur aja, kebutuhan data yang semakin meningkat. Selain untuk backup data penting yang ada di smartphone orang-orang rumah. Gw juga butuh satu penyimpanan khusus untuk film-film bluray gw dan bisa digunakan juga untuk media streaming sama orang rumah.

Diantara beberapa brand NAS yang ada, SYNOLOGY adalah salah satu brand NAS yang gw jadikan pertimbangan. Karena selain pilihan model serta slot harddisknya lebih beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta budget.


Selain itu SYNOLOGY juga berusaha untuk selalu dekat dengan end user mereka terutama penggunaan SOHO dan punya forum sendiri. Tentunya sebagai user akan lebih mudah untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi dan mencari solusinya baik itu dari end user lain ataupun dari admin technical di forum SYNOLOGY.

Untuk urusan reliability dan durability, gw rasa SYNOLOGY ga perlu diraguin lagi, karena sudah banyak digunakan oleh perusahaan dalam dan luar negeri untuk solusi penyimpanan mereka. Untuk listingnya sendiri lo bisa lihat di :


Selain itu SYNOLOGY juga punya fitur yang cocok banget dengan kebutuhan dan kondisi digital ecosystem yang gw gunakan di rumah, diantaranya :

  • DRIVE
Dengan fitur ini, lo bisa dengan mudah mengupload dan download file kapan aja dan dimana aja seperti cloud service pada umumnya. Selain itu juga lo bisa selalu sync semua file yang ada di PC, laptop ataupun smartphone dengan sangat mudah.

  • MOMENTS
Seluruh keluarga gw hobi foto dan rekam video saat traveling atau ada acara keluarga, mulai dari bokap, nyokap hingga adik gw. Baik itu menggunakan smartphone, maupun DSLR dan DMLC. Hobi ini sih salah satunya yang membuat gw bisa dibilang selalu “butuh storage extra”. Nah dengan fitur MOMENTS, gw dan keluarga gw bukan cuma bisa menyimpan dan mengorganisir file foto dan video dengan mudah, tapi juga bisa memberikan keamanan karena selalu terjaga keamanannya menggunakan system RAID.

  • VIDEO STATION
Hobi berikutnya yang bener-bener “rakus” kapasitas storage. Nonton film box office! Jujur aja gw di rumah saat ini belum pakai layanan streaming seperti Netflix dan Disney+, but soon gw pasti pakai sih antara akhir tahun ini dan tahun depan. Karena menurut gw, film box office dengan resolusi FullHD dengan data di atas 5GB masih cukup untuk saat ini .Selain itu dengan fitur ini, gw juga bisa streaming video yang ada di storage NAS dari mana aja dan kapan aja. Fitur ini juga mendukung produk digital dengan system DLNA, jadi kalau lo punya projector atau layar dengan sertifikat DLNA,lo bisa menggunakan NAS dari SYNOLOGY sebagai media server dan bisa streaming disemua perangkat yang memiliki sertifikat DLNA dalam satu jaringan.

  • QUICK CONNECT
Fitur yang ga kalah penting untuk lo yang “awam” setting jaringan biar NASnya bisa dipakai sebagai media streaming. Fitur ini mempermudah lo untuk menyambungkan NAS dan perangkat lainnya seperti PC, laptop dan smartphone dalam 1 jaringan internet tanpa repot.

  • SHARE FILE LINKS & CREATE FILE REQUEST
Dengan fitur ini, lo bisa share file dengan mudah menggunakan link atau QR code ke orang lain. Selain itu lo juga bisa dengan mudah memberikan “akses terbatas” untuk orang lain, agar mereka bisa mengupload file yang lo butuhkan kedalam system NAS lo.

Nah itu tadi sekilas fitur yang menurut gw salah satu nilai jual dan alasan kenapa lo harus pake NAS dari SYNOLOGY, selain dari jajaran produk mereka yang variatif sesuai kebutuhan lo. Mungkin kedepannya gw akan tulis lebih detail masing - masing fitur di atas.

Ok sekarang masuk soal produk.

Bicara soal produk, dari semua lineup SYNOLOGY yang ada, yang saat ini sesuai dengan kebutuhan dan urusan dompet, ada 3 produk yang menarik perhatian gw, yaitu :
  • DS220+
Produk yang satu ini keren sih, simple, small tapi powerfull. Selain karena punya CPU yang powerfull, produk ini juga dilengkapi bukan cuma satu tapi dua buah port LAN RJ45 dengan speed up to 1Gb dengan fitur Link Aggregation / Failover support. Selain itu 2 buat slot harddrivenya mendukung mulai dari 2,5inch SSD/HDD (HDD laptop) hingga HDD PC standar berukuran 3,5inch dengan interface SATA, yang bisa langsung di lepas / pasang dari devicenya karena sudah mendukung fitur hotswapable. 

DS220+
Dan mendukung hingga total kapasitas 108TB, jika nanti ada HDD yang punya kapasitas 50TB, karena saat ini HDD NAS yang umum digunakan, punya kapasitas maksimal 18TB (SEAGATE IRONWOLF PRO). Jadi sudah jaminan futureproof. Selain itu juga sudah mendukung RAID 1 untuk melindungi data penting kita, jika salah satu HDD ada yang rusak.

  • DS220J
Ini adalah salah satu produk entry level dari SYNOLOGY. Tapi meskipun DS220J termasuk ke dalam lineup entry level, fitur yang ada didalamnya tidak kalah dari produk diatasnya. Selain bisa tetap menggunakan fitur Drive seperti tempat penyimpanan umum berbasis cloud pada umumnya, beberapa fitur penting seperti DS Video, DS Photo dan DS Audio sudah disupport, jadi lo bisa streaming video, video dan photo dimana pun dan kapan pun.
DS220J
Untuk proteksi data, produk yang satu ini juga sudah mendukung SHR atau SYNOLOGY HYBRID RAID, jika suatu saat ada drive yang rusak, data penting kita akan tetap aman.

  • DS920+
Untuk penggunaan gw secara pribadi, produk ini bisa dibilang entry levelnya gw. Karena punya 4 buah slot HDD yang bisa di RAID 10 untuk hobi nonton film box office beresolusi tinggi dengan kapasitas data yang besar (50GB/film), DS920+ juga bisa ditingkatkan kapasitas baca dan tulisnya menggunakan bukan cuma 1 tapi 2 buah SSD NVME berukuran 2280 sehingga lebih cepat saat transfer file video berukuran sangat besar.
DS920+
Selain itu produk ini juga sudah mendukung Virtual Machine Manager. Fitur ini mungkin kepakai banget untuk yang masuk jurusan IT / SI seperti adik gw, yang memungkinkan dia untuk menjalankan lebih dari 1 VM di dalam 1 device. Yang gw suka dari produk ini, ketika 4 buah slot HDDnya kurang, bisa kita expansi atau kita tambah dengan mudah menggunakan SYNOLOGY DX517 Expansion Unit yang mendukung hingga 9 buah slot HDD!

Untuk lo yang berminat memiliki produk dari SYNOLOGY, saran gw beli lah yang BERGARANSI RESMI, karena cuma yang GARANSI RESMI yang didukung garansi hingga 24 bulan atau 2 tahun dari Distributor Resmi SYNOLOGY Indonesia.

Untuk detail produk lainnya lo bisa cek website mereka di : 

So, jadi diantara semua lineup produk SYNOLOGY, mana yang sesuai kebutuhan dan budget lo?! Kasih komentar di bawah ya.

Untuk lo yang mau coba produk dari SYNOLOGY “GRATISAN” yuk ikutin Giveway mereka di : 

Share:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Copyright © KATA IRFAN. Designed by OddThemes