Saat Muda Investasi & Saat Tua Happy2 dari Investasi Reksadana Online

Hi guys, bicara soal investasi, pasti semua orang, terutama anak muda yang modern dan dinamis, pengen banget punya yang namanya investasi. Karena jelas lebih menguntungkan dikemudian hari.

Tapi faktanya banyak orang yang masih ragu untuk menginvestasikan uangnya di berbagai macam instrument investasi, karena banyak faktor, salah satunya kurangnya informasi seputar dunia investasi.


 
Kurangnya informasi mengenai dunia investasi, sering menyebabkan banyak orang, salah pilih instrumen investasi, terutama untuk mereka yang baru di dunia investasi.
Kurangnya Informasi sering membuat banyak orang salah pilih instrument investasi
 

Di postingan kali ini gw akan coba share sedikit sudut pandang gw tentang investasi, terutama di Reksadana.

Konsep Investasi


Investasi adalah proses menanam modal (uang) di instrumen investasi yang dilakukan saat ini, untuk memperoleh keuntungan di masa depan.

Jadi secara singkatnya, Investasi sama seperti menabung, hanya saja bukan cuma di bank yang menjadi instrument atau tempat kita menabung, tetapi bisa di beberapa instrumen lain.
Menurut gw instrumen investasi sendiri dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan tingkat liquiditasnya (proses pencairan dana kita), yaitu instrumen investasi dengan tingkat liquiditas rendah dan tingkat liquiditas tinggi.  Masing2 memiliki keuntungan dan kelebihan sendiri, yaitu :

Instrument Tingkat Liquiditas Rendah
 Banyak sekali contoh intrument di segmen ini, yaitu :
  • Property >> Rumah, Tanah, Apartemen, Kontrakan, dll.
  • Bisnis Franchise >> Toko sembako modern(Indomart, Alfamart, dll.), restoran fastfood (MCD, KFC, Burger King, dll.), mini foodfranchise (Ayam Goreng Sabana, Ayam Goreng Hissana, dll.) dll.
  • Bikin pabrik >> Garment, part kendaraan, dll.
  • Jasa >> Ojek Online, Penyalur pembantu, Jasa lipat kardus kemasan, dll.
  • Bisnis tambang dan energi.
 Semua jenis bisnis2 di atas, meskipun punya tingkat liquiditas yang rendah, tapi mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
  1. Sudah ada management yang mengatur cashflow bisnis.
  2. Untuk property, keuntungan bisa hingga 100% pertahun dan terus naik, sementara yang lain, karena sudah ada management yang baik dan sudah terbukti, keuntungan sudah bisa diperhitungkan.
  3. Untuk restoran fastfood, pembeli sudah pasti banyak karena sudah punya brand image yang baik di kalangan masyarakat Indonesia.
  4.  dll.
Tapi meskipun punya banyak kelebihan, bahkan profit yang bisa 100% pertahun untuk property, ad juga beberapa kekurangan, yaitu :
  1. Jelas tinggkat liquiditas rendah, misalnya property, kita harus menunggu pembeli yang ingin membeli property kita dengan harga yang pas bagi pembeli, dan terkadang proses transaksi tidak dalam waktu yang cepat, kecuali kita jual di bawah harga pasar yang pasti membuat kita rugi.
  2. Faktor paling utama adalah MODAL yang diperlukan SANGAT TINGGI bagi sebagian besar masyarakat, apalagi anak muda. Karena untuk membeli sebuah franchise fastfood terkenal aja, kita harus merogoh kocek hingga Milyaran.
  3. Jika menggunakan mini foodfranchise ad kemungkinan tutup ownernya (terjadi di bisnis temen gw), meskipun bisnis yang kita punya sudah berjalan baik, karena management yang tidak professional.
  4. dll.

Instrument Tingkat Liquiditas Tinggi
Instrumen jenis ini pun mempunyai banyak contoh, seperti :
  1. Investasi logam mulia (emas)
  2. Investasi batu mulia (Berlian)
  3. Investasi Online
  4. Deposito
  5. Investasi Reksadana
  6. Reksadana Online
  7. Asuransi UnitLink
  8. Saham
  9. dll.
Meskipun tingkat liquiditasnya tinggi, instrumen jenis ini juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya :
  1. Proyeksi keuntungan terutama emas, cenderung kecil untuk periode waktu investasi yang singkat.
  2. Banyak orang2 yang tidak bertanggung jawab dalam mengelola perusahaan penyedia jasa investasi, sehingga bangkrut dan uang nasabah di bawa kabur, sehingga menyebabkan tingkat kepercayaan masyarakat untuk investasi melalui perusahaan jasa pengelola investasi menurun jauh.
  3. Beberapa instrumen seperti Saham, memiliki resiko yang tinggi, jika tidak diperlajari lebih jauh mekanisme pengelolaannya, jika dikelola sendiri.
  4. dll.
Banyak sekali kelebihan dari instrumen jenis ini selain tingkat liquiditasnya yang tinggi, salah satu hal yang paling utama adalah Modal Relatif KECIL.
Yups, modal adalah hal utama dalam berinvestasi, mw yang tingkat liquiditas tinggi atau rendah, modal adalah kunci utama.
Untuk anak muda terutama, bisa cari investasi yang memiliki modal dan resiko yang rendah, tapi memiliki keuntungan atau gain yang cukup tinggi.

Tentukan intrumen investasi yang tepat, sesuai kebutuhan dan kondisi modal awal.
Tujuan awal(impian) investasi sendiri pun masing2 orang berbeda2, contohnya:
  1. Biaya kesehatan >> Biasanya Asuransi UnitLink
  2. Sekolah anak
  3. Beli rumah
  4. Umroh
  5. dll.
Tapi semuanya bermuara pada 1 tujuan, yaitu bagaimana membuat uang yang sekarang kita miliki BERKEMBANG NILAINYA.

Karena nilai uang kita yang ada sekarang, akan menurun nilainya di masa depan nanti karena berbagai macam faktor.

Agar nilai uang tidak turun, harus berkembang nilainya, dan Investasi salah satu tempat dan cara terbaik untuk mengembangkan nilai uang kita yang ada sekarang. 

Jadi hal yang pertama lo harus lakuin adalah tahu apa tujuan / impian lo saat ini untuk masa depan. Kemudian lo wujudkan, melalui instrumen investasi agar semakin cepat tercapai, salah satunya menggunakan reksadana, contohnya.

-------------------------------------------------------

Reksadana

Bicara soal reksadana, pasti ad yang menyambut positif dan optimis, serta ga sedikit juga yang menanggapinya dengan negatif dan pesimis.
Ga bisa di salahin jg mereka yang mengangap reksadana itu negatif, karena mereka mungkin KORBAN dari perusahaan reksadana yang tidak bertanggung jawab dan membawa kabur uang nasabahnya, atau mungkin bisa juga mereka korban berita negatif dan tidak mw belajar lebih jauh soal reksadana.

Disini gw akan sedikit mengupas soal reksadana. Bagi yang mw tw lebih jauh, lo bisa baca terus ya guys ^_^.

Apa sich yang namanya reksadana?
Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995, pasal 1 ayat 2, reksa dana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan ke dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi.

 Gampangnya, perusahaan penyedia jasa pengelolaan modal, melalui instrumen reksadana, mengumpulkan modal dari para nasabah yang mempercayakan uangnya kepada perusahaan tersebut, untuk menelolanya melalui instrumen investasi lain seperti obligasi, saham, dll.

Cara menghitung pembagian keuntungannya nanti gimana?
Total seluruh dana kelolaan bersih yang dikelola oleh manajer investasi disebut dengan NAB (Nilai Aktiva Bersih) atau dalam istilah bahasa inggrisnya disebut dengan NAV (Net Asset Value). NAB dihitung dari total harga pasar atas aset (surat utang, saham, dan deposito) dalam portofolio reksa dana yang ditambahkan dengan biaya pencadangan bunga dari surat utang atau deposito pada portofolio, dan dikurangi biaya operasional seperti biaya pengelolaan, biaya kustodi, pajak maupun biaya lainnya. Dengan kata lain NAB adalah nilai yang sudah bersih atau net dan tidak lagi dikenakan pajak.



Satuan kepemilikan reksa dana ialah Unit Penyertaan (UP). Harga satu UP pada suatu produk reksa dana diambil dari total NAB dibagi total UP. Sehingga satu UP memiliki harga yang disebut dengan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP), atau dalam bahasa inggris kerap disebut Net Asset Value per Unit (NAV/Unit).

Kenapa harus Reksadana?
Ada beberapa keuntungan kalo lo milih reksadana khususnya sebagai instrumen investasi, diantaranya :
  1.  Pengelolaan Dana Profesional >> Selama lo milih perusahaan jasa pengelolaan yang jelas SIUP dan dokument2nya, jika lo memilih mw bermain di reksadana selain di bank, dana yang lo investasi pasti aman. ---- Tapi bukan cuma itu pertimbangannya. Trackrecord perusahaan tempat lo mempercayakan modal pun penting, selain untuk menghindari penggelapan dana yang ud lo investasi, mempelajari trackrecord perusahaan tempat lo invest jg bisa bikin lo bisa memperkirakan keuntungan yang lo dapatkan jika berinvest di perusahaan tersebut.
  2. Keuntungan Diversifikasi >> Dana yang nasabah investasikan termasuk lo, akan di masukan di 1 wadah, dan akan di reinvestasikan ke berbagai instrument yang sedang memiliki nilai keuntungan tinggi dan juga yang memiliki nilai keuntungan stabil ---- Sehingga nanti meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan secara otomatis.
  3. Biaya / Modal yang terjangkau >> Kalau modal lo kecil, ga usah kawatir, karena jaman sekarang, makin banyak perusahaan reksadana yang menerima orang yang ingin belajar dan memulai investasi, bahkan jika mereka memiliki modal yang sangat kecil. ---- Banyak juga perusahaan reksadana yang menawarkan reksadana dengan modal mulai dari Rp. 100.000.
  4. Transaksi mudah >> Untuk yang satu ini ud jelas. Dengan kemajuan teknologi, sudah banyak perusahaan penyedia jasa reksadana yang menyediakan reksadana online, dimana lo bisa transaksi dengan cepat, aman  & realtime. ---- Lo juga bisa mantau gimana perkembangan modal yang ud lo investasikan secara online.

Apa saja resiko reksadana?!
Bukan cuma lihat keuntungan, tapi lo harus tahu juga resiko2 yang ada kalau lo menggunakan instrumen reksadana.
  1. Resiko menurunnya Nilai Aktiva Bersih.
  2. Resiko Liquiditas
  3. Resiko Wanprestasi
Nah untuk tau lebih jauh soal apa itu reksadana beserta keuntungan dan resiko2nya, lo bisa pelajari di web Reksadanaku. Ini link nya :
 
Gimana guys? Investasi bwt mewujudkan impian lo asik dan gampang kan? Apalagi di jaman yang serba online ini ^_^

Ud siap untuk ngambil investasi di reksadana?

Tapi ad 1 hal lagi yang harus lo perhatikan kalau ingin memulai investasi di reksadana. Yaitu lo mw pergunakan jasa pengelola dari perusahaan (Manager Investasi / MI). Hal2 apa aja yang harus lo perhatiin dalam pemilihan MI, ada di link di atas guys, lo bisa pelajari lebih jauh.

Tapi gw akan kasih salah satu contoh dari MI yang ud terpercaya banget di Indonesia dan resmi tentunya. Siapa? Gw bahas di bawah ya guys ^_^.

-------------------------------------------------------


MAMI

Siapa yang ga kenal dengan Manulife Indonesia?

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia


PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) hadir di Indonesia pada tahun 1996, dan sejak itu terus mendampingi masyarakat Indonesia – baik individu maupun korporasi – melalui beragam solusi investasi, termasuk reksa dana.

Komitmen untuk selalu memberikan solusi investasi berkualitas membuat MAMI mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu manajer investasi terbesar di industri reksa dana dan pengelolaan dana secara eksklusif di Indonesia. Per akhir 2015, MAMI mengelola dana masyarakat sejumlah Rp44,6 triliun. Atas prestasinya, berbagai penghargaan telah diterima oleh MAMI, baik dari dalam negeri maupun yang berskala internasional, antara lain Best Fund House 2015 dari Asia Asset Management. MAMI adalah bagian dari Manulife Asset Management, perusahaan manajemen investasi global yang merupakan bagian dari Manulife. MAMI adalah perusahaan manajer investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Reksa Dana Manulife


Sebagai solusi investasi bagi masyarakat Indonesia, MAMI menawarkan 20 produk reksa dana yang terdiri dari reksa dana saham (termasuk saham syariah), pendapatan tetap, campuran dan pasar uang. Seluruh rangkaian produk Reksa Dana Manulife dikelola oleh tim pengelola investasi yang secara rata-rata memiliki pengalaman selama 12 tahun.

Informasi lengkap mengenai MAMI dan Reksa Dana Manulife dapat diperoleh di www.reksadana-manulife.com.

Tentang Manulife Asset Management


Manulife Asset Management adalah perusahaan aset manajemen global yang merupakan bagian dari Manulife. Manulife Asset Management menyediakan solusi manajemen investasi secara menyeluruh untuk dana pensiun, yayasan, institusi finansial dan investor-investor institusi di seluruh dunia, serta untuk produk-produk wealth management Manulife dan John Hancock. Manulife Asset Management beroperasi di 16 negara dan teritori, termasuk 425 tenaga profesional di Amerika Utara, Asia Pasifik dan Eropa, dengan keahlian yang mencakup beragam kelas aset.

Informasi lengkap mengenai Manulife Asset Management bisa didapatkan di www.ManulifeAM.com

Tentang Manulife


Manulife merupakan grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat. Kami dikenal sebagai John Hancock di Amerika Serikat dan Manulife di negara-negara lain. Manulife menyediakan solusi keuangan yang kuat, andal, dapat dipercaya serta berorientasi ke masa depan untuk keputusan-keputusan penting keuangan para nasabah. Jaringan internasional para karyawan, agen, dan mitra distribusi kami menawarkan produk dan jasa perlindungan keuangan dan wealth management kepada jutaan nasabah. Manulife juga menyediakan jasa manajemen aset kepada nasabah institusi di seluruh dunia. Dana yang dikelola oleh Manulife dan seluruh anak perusahaannya mencapai C$821 miliar (US$648 miliar) per 31 Maret 2015.


Manulife Financial Corporation diperdagangkan dengan simbol ‘MFC’ di TSX, NYSE, dan PSE, dan dengan simbol ‘945’ di SEHK. Informasi lengkap mengenai Manulife dapat ditemukan di www.manulife.com

  
Manulife punya banyak sekali instrumen investasi, salah satunya reksadana yang dikelola secara professional dan bertanggung jawab.

Beberapa contoh reksadana online dari Manulife adalah :
  1. Manulife Dana Kas II
  2. Manulife Dana Saham
  3. Manulife Dana Stabil dan Berimbang
  4. Manulife Dana Tumbuh Berimbang
  5. Manulife Dana Manulife Obligasi Unggulan
  6. Manulife Saham SMC Plus
  7. Manulife Manulife Syariah Sektoral Amanah 
Tapi gw akan sedikit membahas 2 produk aj yaitu Manulife Dana Tumbuh Berimbang dan Manulife Syariah Sektoral Amanah. 

Manulife Dana Tumbuh Berimbang
 MANULIFE DANA STABIL BERIMBANG ("MDSB") bertujuan untuk mendapatkan
peningkatan modal melalui suatu model alokasi aset yang fleksibel dan berorientasi pertumbuhan aset dengan melakukan investasi pada Efek bersifat ekuitas di Indonesia, Efek bersifat utang baik yang diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia maupun yang dikeluarkan oleh badan hukum atau perusahaan yang masuk dalam kategori layak investasi ("investment grade"), yaitu dengan peringkat minimum BBB, B3 atau yang setara dengan instrumen pasar uang.








 Manulife Syariah Sektoral Amanah
Manulife Syariah Sektoral Amanah ("MSSA") mempunyai tujuan untuk menghasilkan peningkatan modal dengan berinvestasi pada saham-saham sesuai prinsip-prinsip Syariah dari perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam sektor-sektor yang memiliki posisi yang baik di bursa dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada pada perekonomian Indonesia dan global, serta memberikan kinerja investasi jangka panjang yang optimal.






Gimana guys, keren kan produk investasi dari MAMI? Gw aj yang nulis jadi pengen punya minimal 1 account investasi dari MAMI, biar nilai uang gw berkembang dikemudian hari. ^_^

Tapi yang namanya investasi ga asik kalo ga ikutin kemajuan teknologi. Seperti yang ud gw singgung sebelumnya di atas, seiring kemajuan teknologi, konsumen terutama lo nanti yang mw ambil produk dari MAMI, dimanjain dengan yang namanya Reksadana Online.

Konsepnya sederhana seperti 1 stop application. Seperti aplikasi ibanking di dalam handphone, jadi lo sekarang bisa di mana aj dan kapan aj untuk memantau kinerja investasi melalui aplikasi.

Bicara soal aplikasi, Phillip Securities Indonesia punya aplikasi pintar yang namanya POEMS ProFund, yaitu aplikasi yang memungkinkan lo untuk memantau kinerja investasi dari MAMI secara realtime, kapan aj, dimana aj.

Seperti ap kinerjanya? Gw lanjut di bawah ya guys ^_^
     
-------------------------------------------------------

Phillip Securities Indonesia, adalah salah satu partner dari Manulife Finance dalam mengelola keuangan. Kredibilitasnya sudah ga usah di raguin, karena banyak banget perusahaan MI yang bekerjasama dengan Phillip Securities Indonesia.
Sejarah Phillips Securities Indonesia

  • 1989:Established under the name of PT. SANTANA JAYA SEJATI.
  • 1992:The Company's name was changed to PT. PHILLINDO SANTANA PERKASA.
  • 1994:PHILLIP BROKERAGE PTE. LTD. took over majority ownership of company.
  • 1998:Obtained investment manager license.
  • 1999:Obtained margin trading license.
  • 2002:Participated in Remote Trading batch I.
    The Company's name was changed to PT. PHILLIP SECURITIES INDONESIA.
    Launched POEMS (Phillip On-line Electronic Mart System).
  • 2004:Paid up capital raised to 30 billion.
  • 2005:Launched POEMS (Phillip On-line Electronic Mart System).
  • 2006:Paid up capital raised to 55 billion.
  • 2007:Launched POEMS (Phillip On-line Electronic Mart System) Mobile.
    * Obtained Underwriter license.
  • 2008:Launched Mutual Fund
  • 2009:Launched POEMS Prima for Mobile Phone, PDA phone, Blackberry
    Launched RAFTS (Remote Application Floor Trader System)
    Best Securities Company 2009 awarded by Investor Magazine
    Launched Poems ProTrader
  • 2010:Launched POEMS PRIMA on BIS Unlimited Network (BlackBerry Internet Service)
    Launched Poems on iPad
    smartSAFE feature on POEMS
    Launched Phillip Money Market Fund (PMMF) Mutual Fund
  • 2011:smartSAFE feature on POEMS ProTrader
  • 2012:Launched POEMS PRIMA Android


 Kalau kita bicara soal kemajuan teknologi, tentu ga bs lepas dari kemajuan smartphone dan aplikasi pendukungnya.

Phillip Securities Indonesia, punya 1 aplikasi pintar yaitu POEMS ProFund, yang bisa menunjang kebutuhan trading atau investasi secara online dan realtime, dimana aj dan kapan aj.

POEMS memungkinkan lo untuk transaksi dimana aj dan kapan aj ^_^
Aplikasi ini keren banget, karena lo bisa transaksi investasi, baik itu jual, beli, bahkan hold investasi lo, dimana aj dan kapan aj, selama ad akses internet yang memadai.
Transaksi dari software khusus yang di install di PC atau Laptop pribadi lo ^_^

Lo juga bisa transaksi lewat pc lain melalui browser dan ga usah kawatir soal keamanannya ^_^

Ini yang keren, dimana lo bisa transaksi lewat semua mobile gadget lo, seperti smartphone dan tablet secara realtime, dimana pun dan kapan pun ^_^

Tentunya, kalau lo pengen investasi reksadana dengan MI dari MAMI, POEMS ProFund ud full support tentunya.
Produk2 Manulife Aset Management Indonesia di POEMS ProFund ^_^
 Ga cuma itu, tapi POEMS ProFund punya 2 keunggulan dibanding software lain yang sejenis, yaitu :
  1. Smart-Safe >>  Dengan fitur ini, lo bisa mengatur limit kerugian saat proses trading. Jadi kerugian lo bisa sangat di minimalisir sekali dengan fitur ini.
  2. Smart - Order >> Ini fitur yang keren, lo bisa mensetting aplikasi POEMS ProFund, yang akan secara otomatis melakukan proses beli atau jual, jika target yang lo setting tercapai. Cocok banget nich bwt orang yang super sibuk dan ga bisa sering2 cek aplikasi.
Kenapa harus POEMS?


  • Real-Time >> Semua data di pasar saham di tampilkan secara langsung tanpa ada delay yang menggangu.
  • Multiple Platform >> POEMS bisa di akses ga cuma dari PC baik secara software yang di install, maupun melalui browser internet, tapi bisa di crossplatform dengan smart gadget dari Android dan iOS. Apapun OSnya, POEMS bisa support dan running.
  • Trade Analysis >> Fitur yang lo bisa custom atau rancang sendiri untuk menampilkan harga terbaik di pasar saham dari saham2 pilihan, untuk semakin mempermudah lo transaksi.
  • Multiple Running Trade Filter >> POEMS bisa menampilkan proses trades secara simultan hingga di 3 layar, dan semua data yang di tampilkan bisa diberi kode saham khusus sesuai mau lo.
  • Multiple Order Book >> Perintah di UI bisa sampai 10 level dengan streaming tampilan antrian saham, buy, sell, volumes, previous, open, high, low, close, average price, and total value data.
  • Stock Charts >> Bisa menampilkan tabel saham yang terbaik dalam kurun waktu tertentu beserta simbol dan history yang bisa di setting.
  • Stock Screener >> Lo bisa mencari dan membandingkan setiap data keuntungan (equity multiples) beserta rasionya, yang bisa lo filter dan setting sesuai mau lo, dan data itu realtime berasal dari BEI, dan selalu terupdate setiap 4 bulan.
  • Customizable Workspace and Theme >> Lo bisa custom UI dan style lo dalam bertransaksi, dan bisa di save juga settingannya, jadi ga perlu setting ulang.
  • Punya fitur Smart SAFE dan Smart Order tentunya.
  • Research >> Lo dapet akses eksklusif ke laporan prediksi pasar saham dari tim Phillip Securities Indonesia.
 Keren kan?! Pokoknya lengkap lah dan gampang banget kalau lo mw berinvestasi reksadana online sekarang.
Semakin mudah dengan adanya POEMS ProFund bagi lo yang tertarik investasi reksadana online dan mw partneran sama MAMI.
Kalau ad yang masih pengen tahu lebih detail lagi, lo bisa hubungin pihak Phillip Securities Indonesia di :
Phillip Securities Indonesia
Talk To Us. Talk To Phillip.
To find out more, call (62-21) 57 900 900
email customercare@phillip.co.id
visit www.phillip.co.id
  
 
-------------------------------------------------------
 Sekian info soal investasi di reksadana online dari gw.
Dan tentunya terima kasih kepada  :

Manulife Aset Management Indonesia

Phillip Securities Indonesia 

Blogger Perempuan Network
Semoga info yang gw kasih berguna dan bermanfaat bwt lo dalam membuka sedikit dunia investasi terutama reksadana online, serta untuk memutuskan mw investasi reksadana online dengan instrumen apa serta berpartner dengan MI yang bertanggung jawab.

Sekian dari gw.

- Terima Kasih -

^_^

-------------------------------------------------------

Berani Mewujudkan Impian Melalui Investasi Reksadana Online

-------------------------------------------------------

#WujudkanImpianmu 
#Reksadana #ReksadanaOnline 
#Investasi #InvestasiOnline
#InvestasiReksadana
#POEMSProFund
 
Share:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Copyright © KATA IRFAN. Designed by OddThemes